Rabu, 15 April 2009

zat organik

TUgas Mikrobiologi lingkungan
diah P. Sari


1. kenapa bahan organik tanah dapat membantu biota tanah?
Bahan organik tanah adalah penimbunan dari sisa-sisa tanaman dan binatang yang sebagian besar telah mengalami pelapukan dan pembentukan kembali. Bahan organik demikian berada dalam pelapukan aktif, sehingga sebagai akibatnya bahan-bahan tersebut berubah terus untuk selalu diperbaharui melalui penambahan sisa-sisa tanaman atau binatang.
Hampir seluruh kehidupan dalam tanah tergantung pada bahan organik tanah untuk keperluan energi dan unsur hara. Sudah sejak lama orang mengetahui peranan bahan organik tanah dalam produksi bahan makanan. Sehingga dapat dikatakan kenapa bahan organik tanah ini dapatmembentu biota tanah karena bahan organik tanah ini mnegandung nutrisi bagi seluruh mikroorganisme yang berada dalam tanah sehingga terjadinya suatu hubungan atau simbiosis di dalam tanah. Kegiatan jasad mikro bergantung pada proses penting yang berkaitan dengan pembentukan tanah. Pembentukan tanah ini merupakan penimbunan bahan organik yang cenderung mencapai suatu tingkat keseimbangan dalam tanah. Tingkat penimbunan ini tergantung dari sifat lingkungan pembentuk tanah yang mencakup dua proses yaitu penambahan residu atau sisa-sisa tanaman dan binatang dan perombakan bahan tersebut oleh jasad mikro tanah. Sehingga dengan semakin banyaknya penambahan residu atau sisa-sisa tanaman maka akan semakin meningkat proses perombakan bagi jasad mikro tanh dalam menguraikan bahan-bahan organik untukmemperoleh energi dan zat penyusun tubuh, karena jasad mikro dalam tanah memerlukan karbon dan unsur-unsur hara yang lain dalam bahan organik untuk melakukan aktivitasnya dalam tanah.

2. kenapa zat organic dapat memperbaikai struktur tanah?
Salah satu peran bahan oganik adalah sebagai granulator, yaitu dapat memperbaiki struktur tanah. Salah satu faktor biotik penting yang mempengaruhi pembentukan tanah adalah vegatasi. Tanaman-tanaman dan pepohonan sangat berkaitan dengan bahan-bahan organik yang ada di dalam tanah. Akar-akar tanaman menyerap unsr-unsur hara dalam tanah untuk melakukan proses metabolisme tumbuhana. Akar-akar tanaman ini mampu mengikat kelompok-kelompok butiran kecil tanah membantu perkembangan struktur remah atau struktur granuler tanah. Selain peranan akar dalam pembentukan tanah ternyata juga dapat menciptakan suasana lingkungan/ tanah sekitar dalam keadaan masam yang dapat membantu proses pelapukan mineral. Akar yang menyeber luas kedalam tanah ternyatadapat membantu proses pelapukan fisik. Akardapat memecah dan menembus batuan. Akar-akar yang tanaman mati menjadi sumberbagi bahan organik tanah. Bahan-bahan organik yang melapuk meninggalkan suatu jaringan pori di dalam tanah sehingga sirkulasi udara dan air dapat berlangsung lebih bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar